cover
Contact Name
Murie Dwiyaniti
Contact Email
electrices@pnj.ac.id
Phone
+6281297788723
Journal Mail Official
electrices@pnj.ac.id
Editorial Address
Jl Prof Dr. GA Siwabessy Kampus UI Depok
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Electrices : Jurnal Otomasi Kelistrikan dan Energi Terbarukan
ISSN : -     EISSN : 26865068     DOI : https://doi.org/10.32722/ees.v2i2
Electrices adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Otomasi Listrik Industri untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bidang otomasi, kelistrikan, dan energi terbarukan kepada masyarakat serta memberikan sarana untuk bertukar informasi bagi para peneliti, praktisi dan pengguna teknologi tersebut. Jurnal Electrices diterbitkan 2 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Bidang-bidang pada bahasan jurnal ini meliputi: Electrical: Electrical Engineering Materials, Electric Power Generation, Transmission and Distribution, Power Electronics, Power Quality, Power Economic, FACTS, Electric Traction, High Voltage Insulation Technologies, High Voltage Apparatuses, Lightning Detection and Protection, Power System Analysis, SCADA, Electrical Measurements, and Building Automation System; Automation: Instrumentation and Control Components, Transducer principles, Measurement techniques, Analytical and virtual instrumentation, Process control and instrumentation, Industrial automation, Linear and nonlinear control systems, Optimization and optimal control, Robust control, Neuro-fuzzy control, Adaptive control, Applications of control theory in industry, Mechatronic and Robotic, Mobile Technology, and Intelligent System/Artificial Intelligence. Renewable Energy: Biofuels and energy from biomass, Geothermal energy, Hydropower (conventional hydroelectricity, tidal and wave power), Solar energy (thermal and photovoltaic), and Wind power
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022" : 3 Documents clear
Kinerja Modul Latih Sistem Kendali Kecepatan Motor Induksi Berbasis PLC HMI SCADA Angga Sulthoni; Muhammad Faqihuddin; Ni Cening Nicky Prasada Gayatri; Anicetus Damar Aji; Kusnadi
Electrices Vol 4 No 2 (2022): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/ees.v4i2.4671

Abstract

Sistem kendali motor induksi adalah sebuah sistem pada komponen kontrol yang dapat mengendalikan kecepatan motor dengan stabil secara otomatis sehingga meningkatkan efisiensi waktu, tenaga dan biaya. Sistem ini menggunakan Programmable Logic Controllers (PLC) yang telah diprogram melalui software EcoStruxure Machine Expert Basic dengan bahasa pemrograman ladder diagram untuk membuat operasi, komparasi dan fungsi Proportional Integral Derivatives (PID). Sistem kendali ini juga menggunakan perangkat tambahan yaitu Variable Speed Drives (VSD). Voltage injector sebagai simulator memberikan sinyal feedback terhadap PID sehingga karakteristik output dari sistem kendali ini akan selalu mengejar nilai set point yang diberikan. Penggunaan HMI dan SCADA perlu diintegrasikan dengan PLC sehingga proses kerja keseluruhan sistem ini dapat dimonitoring. Hal ini dapat dibuktikan dengan serangkaian pengujian yang telah dilakukan yaitu pengujian kerja sistem keseluruhan dan pengujian kesesuaian nilai aktual. Pada pengujian kerja sistem keseluruhan, setiap perangkat yang digunakan sudah terintegrasi. Pada pengujian kesesuaian nilai aktual tegangan dan arus memiliki rata-rata error masing-masing sebesar 3.17% dan 1.88%.
Pengendalian Kecepatan Motor Berdasarkan Sensor Suhu Thermocouple pada Prototype Ruang Baterai Berbasis PLC dan SCADA Anis Hani Kurniawati Wati; Arfa Mumtaza Ghalya; Ihzam Fahraz Zikrullah; Nuha Nadhiroh; Indra Z
Electrices Vol 4 No 2 (2022): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/ees.v4i2.4678

Abstract

Ruang baterai cenderung bersuhu tinggi akibat proses overcharging dan overdraining ketika sistem beroperasi normal maupun gangguan. Suhu tinggi di ruang baterai dapat mengurangi masa pakai baterai dan akan merugikan dari sisi ekonomi. Dalam kondisi terburuk, suhu tinggi akibat akumulasi kimia baterai dapat menyebabkan ledakan sehingga lebih banyak aspek yang dirugikan. Maka dari itu perlu dibuatkan sistem pendinginan otomatis untuk menjaga suhu ruang baterai tetap optimal. Pada artikel ini, peneliti membuat sistem kontrol motor berbasis PLC-VSD dalam mengendalikan suhu prototype ruang baterai dengan heater sebagai sumber panas dan sensor suhu thermocouple tipe k. SCADA digunakan untuk akuisisi data dan memonitor proses pendinginan ruang baterai. Hasil pengujian menunjukan range persentase kesalahan pengukuran antara komponen (PLC, HMI, SCADA) dengan alat ukur yaitu: arus 5,8 - 9%, tegangan 4 - 5,3%, dan kecepatan motor 0,2 - 0,5%, respond time didapatkan range 131 – 177 ms atau 0,1 detik serta error rate keseluruhan sistem adalah 0%. Kontrol suhu otomatis belum bisa mencapai set point yaitu 28.5°C karena hanya mengandalkan blower. Suhu terendah yang bisa dicapai adalah 30,4⁰C, nilai ini menunjukan bahwa sistem dapat menurunkan suhu ruang baterai sesuai dengan suhu yang diperbolehkan untuk baterai beroperasi.
Implementasi PLC-VSD dan SCADA pada Sistem Pengisian Air Otomatis Haryanto Steven Siregar; Ayaka Rona Nabihah; Tasya Sherina; Murie Dwiyaniti; Septina Indrayani; Danang Widjajanto
Electrices Vol 4 No 2 (2022): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022
Publisher : Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32722/ees.v4i2.4679

Abstract

Faktor kelalaian manusia dalam mematikan pompa air jika bak penampung sudah penuh dapat mengakibatkan kerugian dari segi ekonomi. Untuk meminimalisir kondisi tersebut, diperlukan sistem pengendalian pengisian air otomatis. Pada aritkel ini, peneliti mengimplementasikan kontrol otomatis pengisian air dengan PLC-VSD dan SCADA. PLC digunakan sebagai kontroler yang memberikan sinyal kepada VSD untuk mengatur kecepatan motor, membaca parameter motor, mengatasi gangguan pada motor, dan mengatur bukaan valve berdasarkan pembacaan float level sensor Sedangkan SCADA digunakan untuk akusisi data dan memantau proses pengisian air. Berdasarkan hasil pengujian, implementasi PLC-VSD dan SCADA pada sistem pengisian air otomatis bekerja sesuai deskripsi kerja. Rata-rata kecepatan motor dan debit air adalah 2853,8 rpm dan 48,1  L/menit pada kecepatan 3, 2525 rpm dan 38,5 L/menit pada kecepatan 2, dan 1806 rpm dan 10,6 L/menit pada kecepatan 1.

Page 1 of 1 | Total Record : 3